Monday, 21 April 2014

Jika Situasi Memaksa Harus Tanpa Internet

Jika Situasi Memaksa Harus Tanpa Internet - Saat masih SMA, saya kenal internet. Dikala itu, sebulan sekali bisa ketemu internet aja udah bersyukur banget. Itupun saya harus antri di warnet untuk bisa bermain internet. Dulu kecepatan koneksi warnet cuma 128 Kbps. Sangat jauh berbeda dengan kecepatan koneksi warnet saat ini.

Menginjak mahasiswa, internet menjadi makanan saya sehari-hari. Selama 24 jam 7 hari, gadget saya tersambung internet. Lewat aplikasi, kapan saja saya bisa terhubung dengan orang berbagai usia, asal-usul, budaya, negara, pekerjaan dan agama. Dikala kebosanan melanda, aplikasi game online pada internet menjadi pengusir kejenuhan. Download lagu dan video merupakan hal yang mudah di internet. Berkat internet, saya bisa lakukan apa saja secara mudah.

Salah satu jurus jitu mahasiswa dalam mencari bahan materi kuliah yaitu menggunakan internet.Internet bagaikan perpustakaan terbesar yang ada. Lewat internet, saya mendapatkan pengetahuan secara cuma-cuma. Dalam pengerjaan tugas kampus, saya mengandalkan internet sebagai sumber referensi materinya. Jika situasi memaksa mengharuskan saya tanpa internet, maka saya akan cari alternatif lain untuk tetap bisa terkoneksi dengan internet.

Bagi mahasiswa, internet bagaikan Dewa penolong tugas kampusnya. Situasi tanpa internet sering membuat mahasiswa serasa dongkol marah tak terlampiaskan. Perasaan kecut pernah saya rasakan saat tengah malam sedang mengerjakan tugas ujian kuliah online e-learning dan “BLAAKKKK !!” terjadi gangguan koneksi internet mendadak mati. Tidak tahu entah sebabnya, koneksi internet satu komplek kost mendadak putus semua.

Putusnya koneksi internet kost sudah terjadi 2 kali ini dalam seminggu. Alhasil, data tugas kampus yang sudah dikerjakan malam itu hilang tak tersimpan. Hanya kehampaan, lemas pikiran dan kejengkelan tak terlampiaskan yang tersimpan dalam matinya internet malam itu. Rasanya sia-sia saja tadi mengerjakan tugas kampus. Warnet merupakan pilihan alternatif pengerjaan  tugas online itu. Bergadang sampai pagi di warnet demi tugas kuliah disertai rasa kecewa matinya internet di kost yang membuat buntunya pikiran.

Jangankan sehari tanpa internet, internet hanya mati beberapa jam saja sudah membuat kecut pikiran mahasiswa dan banyak orang. Mungkin pengalaman kecut saya juga di alami oleh beberapa mahasiswa yang lain.

Kebermanfaaatan internet, telah memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Manfaat internet ini mengingatkan saya disaat Nafissa (keponakan saya), meminta bantuan untuk mengerjakan tugas rumah sekolahnya untuk pelajaran biologi. Saat itu pertanyaannya adalah nama latin dari bawang merah?. Saya sendiri sebenarnya juga tidak tahu jawabannya, akan tetapi pertanyaan itu dapat saya jawab dengan benar dalam waktu 5 menit setelah googling internet melalui gadget saya. Mustahil tanpa internet, saya tidak bisa menjawab pertanyaan Nafissa secara cepat. Hal itu membuktikan manfaat dan kemudahan penggunaan internet dalam kehidupan sehar-hari.

Akan tetapi, kemanfaatan dan kemudahan internet tidak sepenuhnya di ketahui oleh semua orang. Bagi kita yang sudah kenal dan aktif internet, manfaat dan kemudahan internet harus kita tularkan. Banyak orang yang buta internet. Beberapa orang tua yang saya temui, mengatakan bahwa internet itu rumit penggunaannya dan hanya membawa pengaruh negatif bagi masyarakat. Mereka juga berpandangan, bahwa gadget yang bisa untuk internet hanya jenis smartphone saja.

Masih banyak orang yang belum memaksimalkan fasilitas dan fitur handphone mereka. Handphone jadul tidak berOS bukan penghalang untuk bisa internetan. Berinternet di gadget, tidak harus menggunakan smartphone. Handphone tidak berOS (contoh: SE K770, N 5800 XpressMusic, dll) pun juga bisa digunakan untuk internetan.

Penggunaan handphone tidak berOS juga di alami oleh Nafissa. Saya pun segera mengajarinya cara menggunakan handphonenya untuk dapat berinternet. Kebetulan kali ini Naffisa memakai kartu Telkomsel. Untuk menjadi agen internet, hanya perlu menghubungi *363*11# pada handphone atau buka www.telkomsel.com/GenggamInternet. ara Kalo masih bingung, dapat melihat video pengaktifan internet pada gadget di bawah ini.



Sebelum mendaftarkan nomer kartu telkomsel di website, kita harus melakukan registrasi dulu melalui handphone dengan cara sebagai berikut.


Sudah selayaknya kita menikmati kebermanfaatan internet. Sepantasnya pula internet menunjang karir dan hidup kita. Selayaknya membalikkan telapak tangan, internet dapat digunakan secara mudah. http://telkomsel.com/genggam-internet

Ini lah pikiran lemas ku tanpa internet, kalo pikiran mu gimana den ?

0 comments:

Post a Comment