Wednesday, 14 May 2014

Julukan Mbendhol Itu Anugerah Yang Bersifat

Julukan Mbendhol Itu Anugerah Yang Bersifat - Mbendol itu apa ? Kata “mbendol” merupakan istilah jawa yang berarti ada sesuatu yang menonjol keluar. Di kampung saya, orang akan di beri julukan (nama panggilan) “mbendhol” bila mempunyai bentuk kepala yang pada bagian tengkorak belakang agak menonjol keluar.

Sejak jaman SD sampai sekarang, nemui teman dengan kepala berbentuk mbendol itu sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Indro, Bejo, Mas Tri, Pak sopir, Mas Agam, Wahyu, Lepek, @danisumangghani aka petak, @risdianto_amron, @maztrie, @suryaden, Budi dan masih banyak lagi teman yang berkepala mbendol.


Dari cerita primbon jawa dan pengalaman saya, orang kepala mbendhol itu bisa di katakan orang yang cerdik. Kalo orang jawa bilang, mbendhol punya sifat ngglidik (bahasa jawa). Bentuk kepala orang mbendol akan keliahatan dengan jelas bila orang tersebut mempunyai potongan rambut cepak.

Contoh orang yang berkepala mbendhol adalah para Karbol TNI AU. Dari sekian pengamatan saya, hampir semua Karbol TNI AU itu berkepala mbendhol. Besok kalo dijalan ketemu dengan Karbol TNI AU, bisa di lihat tuh bentuk kepalanya, Nah kayak gitu bentuknya mbendhol.

Biasanya, anak kecil yang berkepala mbendhol akan susah di atur oleh orang tuanya. Punya sifat ngglidik dan pintar ngakali teman/ orang tuanya ada pada anak mbendhol disaat masih SD hingga SMP. Sifat itu akan bertambah liar bila kepala mbendhol mempunyai unyeng-unyeng berjumlah dua. Dalam primbon jawa, orang yang mempunyai unyeng-unyeng dua itu mempunyai sifat bandel.

Bagi yang bisa mengolah sifat mbendol, punya bentuk kepala mbendhol itu anugerah. Bila orang mbendhol bisa mengolah sifat mbendol (cerdik) untuk hal yang positif, sifat itu bisa untuk  menunjang hidupnya. Banyak kok orang mbendhol yang berpikiran liar positif telah sukses dalam karir dan kehidupannya. Jokowi, Yusuf Mansur, SBY, ARB, Herkules, Abraham Samad itu semua sebagian contoh orang mbendol.

Kalau sa ya buka termasuk type mbendhol, kamu mbendhol gak den ?

0 comments:

Post a Comment