Thursday, 1 May 2014

Dibalik Proses Pembuatan Mesin Cuci dan Lemari Es Berkualitas

Dibalik Proses Pembuatan Mesin Cuci dan Lemari Es Berkualitas - Disetiap rumah pasti terdapat barang elektronik. Keawetan dan kualitas barang yang bagus dan jaminan garansi disertai harga terjangkau merupakan bahan pertimbangan bagi saya sebelum membeli barang elektronik. Saya pun suka melihat pameran elektronik demi mendapatkan informasi buat pertimbangan tersebut.


TV di rumah saya itu sudah berada sekitar 6 tahun. Selama sekian lama itu, saya belum belum pernah rusak (saya gak minta rusak lho..). Lihat aja tuh hasil gambarnya masih bagus. Kepuasan bagi saya bila mempunyai barang elektronik yang awet. Produk yang bandel dan tahan banting tentu merupakan persembahan karya terbaik pabrik pembuatnya.

Pengalaman melihat proses pembuatan barang elektronik di pabrik, saya dapatkan sewaktu SMK dan kuliah. Dibalik proses pembuatan barang elektronik berkualitas, terdapat tenaga ahli dengan segala kecanggihan pabriknya. Mulai dari pemilihan bahan hingga penyelesaian, di butuhkan keahlian yang mendalam.

Contohnya, pabrik Sharp Takumi FactorySharp Takumi Factory ini berdiri pada tanah seluas 31 hektar di Karawang Internatinal Industry (KIC). Pabrik ini mulai beroperasi memproduksi mesin cuci dan lemari es mulai 2 September 2013. Yang hebat adalah, selain hasil produksinya di jual di Indonesia, hasil produksi pabrik ini juga di ekspor ke negara-negara di Asia, Afrika dan Timur Tengah lho. Hal ini menandakan bahwa produknya memang kualitas ekspor.

Pabrik baru Sharp Takumi Factory di Karawang ini menerapkan prinsip Takumi (bahasa Jepang, Takumi berarti “ahli mengerjakan sesuatu mendekati kesempurnaan") dalam setiap pengerjaan produknya. Jangan heran bila di pabrik ini, setiap karyawan di latih hingga mencapai kompetensi seorang Takumi. Semangat ketekunan dan kemahiran seorang Takumi berada di balik setiap produk barang elektronik dari Sharp.


Sharp Takumi Factory juga di lengkapi dengan production control system yang dapat memberikan informasi update proses produksi pada setiap line secara real time. Selain itu, pabrik ini juga beri sentuhan teknologi canggih seperti automated guided vehicle (AGV) dan berbagai fasilitas canggih lainnya. AGV ini membantu pendistribusian komponen dari gudang ke bagian produksi secara otomatis. Jadi AGV itu semacam rak pengangkut komponen yang berjalan dengan sendirinya secara otomatis.

Kecanggihan peralatan dalam proses pembuatan menjadikan produksi menjadi cepat, akurat dan teruji. Proses produksi di pabrik Sharp telah tersistem. Mulai dari SDM sampai alat dan bahan pun telah terorganisir dengan baik.

Selain prinsip Takumi, quality control yang ketat dengan standard yang tinggi digunakan untuk memastikan produk benar-benar berkualitas. Beberapa teman blogger yang pernah factory visit ke Sharp Takumi Factory bercerita bahwa, dari awal proses pembuatan hingga penyelesaian dikerjakan oleh karyawan yang berkompeten. Dari beberapa foto cepretan saat factory visit dari teman-teman blogger yang telah saya jadikan video ini membuktikan bahwa prinsip Takumi sudah menjadi budaya.


Saat melihat-lihat di pameran elektronik Techo Fest di Gedung Wanita Tama Jogja, saya mendapati mesin cuci dolphinwave 2 tabung dan lemari es king samurai 2 pintu yang merupakan hasil produksi Sharp Takumi Factory. Kesan elegant berkualitas dengan harga terjangkau merupakan kesan pertama saat melihatnya.

Lewat sentuhan tenaga ahli disertai dengan kecanggihan teknologi dalam proses pembuatan  mesin cuci dan lemari es, telah membuat pabrik ini menghasilkan produk terbaik dengan harga menengah kebawah dan terjangkau. Tentu produk ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Bagi saya, produk ini telah memenuhi syarat pertimbangan dalam membeli barang eletronik. Bungkus satu trus bawa pulang . . .

Selayak rumah yang nyaman untuk di tinggali, Sharp Takumi Factory juga dilengkapi dengan fasiltas masjid, klinik kesehatan, kantin, koperasi, showroom dan lapangan sepak bola. Sudah serasa kerja di rumah sendiri. Dengan mengusung prinsip super green factory, pabrik ini juga dilengkapi dengan panel surya dan area hijau di dalam pabrik.

Itu lah cerita produk hasil Takumi ku, cerita Takumi mu gimana den ?

0 comments:

Post a Comment