Sunday, 22 June 2014

Kopdar #QwordsRoadshow 2014 Jogja, Qwords Buka Kantor Di Yogyakarta

Kopdar #QwordsRoadshow 2014 Jogja, Qwords Buka Kantor Di Yogyakarta - Untuk ke 2 kalinya saya ikut #QwordsRoadshow di Jogja. Ada suasana yang berbeda pada kopdar #QwordsRoadshow kali ini. Kebetulan tahun ini, @Qwordsdotcom sudah melayani client selama 9 tahun untuk besok Agustus. Dalam kopdar ini, @Qwordsdotcom mengatakan bahwa dia akan buka kantor di Jogja. Kopdar #QwordsRoadshow 2014 Jogja ini bertemakan “Ngobrol Seru Bareng Pakar Web Design & Kepenulisan”

Kemeriahan acara #QwordsRoadshow 2014 Jogja

Kopdar #QwordsRoadshow 2014 jogja ini di ikuti oleh teman-teman dari berbagai komunitas. Ada Komunitas Blogger Jogja, TDA Kampus Jogja dan Kaskus Regional Jogja. Kalo di lihat sepintas, jumlah peserta yang datang kali ini lebih banyak dari pada kopdar #QwordsRoadshow 2013 jogja dulu. Saking banyaknya peserta yang datang, ada beberapa teman dari komunitas Camfrog yang tidak kebagian tempat, hingga terpaksa harus duduk di sisi timur dekat kolam ikan.

#QwordsRoadshow kali ini, topik dan materinya memang menarik, ada beberapa pimikiran yang inspiratif yang saya dapatkan. Teknik web design dan cara mencari ide tulisan telah saya dapatkan di acara kopdar ini. Disisi lain, mulainya acara kopdar #QwordsRoadshow 2014 ini sangat kebangetan. Jam karet. Kurang menghargai waktu. Sudah di bela-belain pulang kerja langsung menuju tempat kopdar dan tidak mandi biar nggak terlambat, eeee malah ini acaranya molor sejam…

Kembali lagi ke acara #QwordsRoadshow 2014 Jogja, kopdar ini terdapat 2 sesi materi yang di berikan.

Kepenulisan oleh @miniGeKa

Kebetulan saya sudah kenal lama dengan mbak @miniGeKa, dan baru tahu saat malam itu juga kalo sebenernya dia penulis novel best seller dalam 20 hari. Ada materi yang menarik dari @miniGeKa, cara dia mencari inspirasi tulisan itu unik. Dari jepretan foto kamera HP nya saja bisa jadi sebuah tulisan.

Ada beberapa kata-kata mbak @miniGeKa yang layak untuk di qoute dan jadi bahan acuan kepenulisan saat acara itu.

“Menulis itu keren… Menulis itu sexy…”
”Cerita yang baik itu adalah cerita yang selesai”
“Novel yang selesai itu tokohnya harus mati”
“Sebaik apapun ide kamu, kalo ceritanya tidak selesai itu bukan naskah yang baik”

Dari mbak @miniGeKa, saya dapat sesuatu pecerahan dalam kepenulisan. Di saat ngobrol dengan dia sambil menunggu acara di mulai, saya di kasih sebuah artikel silabus kepenulisan (fiksi dan non fiksi).

Web Design oleh @gukseta

Setahu saya @gukseta adalah praktisi sekaligus pemain lama di dunia blogging dan dia sekarang lagi sibuk dengan bisnis onlinenya. Kali ini mas @gukseta memberikan materi tentang web design. Dia mengatakan “teknik web design itu lebih penting dari pada SEO. Tanpa SEO, omset jualan online pun akan lebih banyak”. Materi sesi ke 2 ini kontroversial. Bagaikan menjelaskan kebaikan Blackberry di hadapaan pengguna Android.

Disaat @gukseta mengatakan itu, banyak peserta kopdar yang menyorakinya. Kebetulan kebanyakan yang hadir pada kopdar saat itu adalah anak SEO. Pada saat tanya jawab pun terjadi saling adu argumentasi. Kalo saat itu tidak di batasi oleh waktu, mungkin acara kopdar #QwordsRoadshow 2014 Jogja itu sampai subuh selesainya. Ckckck ...

Menurut saya, ada point penting yang saya dapatkan dari @gukseta terkait dengan hasil risetnya tentang teknik web design. @gukseta mengatakan bahwa yang terpenting dalam web toko online itu bukanlah homepage. Hal ini dikarenakan homepage tidak menentukan pengunjung beli atau tidak. Homepage hanya membuat pengunjung tertarik pindah ke web lainnya untuk mencari produk yang sama. Keputusan akan membeli atau tidak, ditentukan oleh porto folio page untuk produk jasa dan product page untuk web toko online.

Dalam teknik web design, ada beberapa kata-kata @gukseta yang menurut saya perlu di perhatikan dan layak di coba dalam membangun sebuah web.

“Desain yang bagus itu, di tiap elemen harus ada artinya”
“Simple itu bagaimana menjelaskan informasi yang banyak dengan cara yang sederhana”
“Graphic designer belum tentu bisa mengerjakan web design dengan baik” 
“Orang yang terlalu fokus pada SEO, cenderung tidak memperhatikan pada desain”
“Inbound marketing adalah teknik yang perlu dipelajari setelah SEO” 
“Salah satu cara untuk melakukan internet marketing selain SEO adalah dengan menggunakan AdWords”.


Undian Doorprize

Nah, ini dia sesi dooprize yang ditunggu-tunggu. Kebetulan no undian yang saya dapat 229 dan belum belum dapat undian doorprize :( . #QwordsRoadshow kali ini memang banyak undiannya. Hadiahnya ada Tab dan Gadget Android lho. Selain undian doorprize, juga ada lomba twit, lomba cepet-cepetan buka web qword.com dan lomba review kopdar #QwordsRoadshow. Kayaknya Qwords.com web hosting Indonesia lagi berbaik hati ulang tahun ke 9 dengan membagikan banyak hadiah

Saat berlangsungnya acara, juga ada lomba twit yang berhadiah flashdisk. Dan sialnya, di tempat acara itu susah sinyal indosat dan wifi yang yang disediakan sulit connect. Jadi ya harus gigit jari tidak bisa ikut ngetwit akibat tidak dapat koneksi.

Di akhir acara undian dooprize, mbak MC (tidak tahu nama mbak nya yang lagi MC) memberikan informasi bahwa @Qwordsdotcom akan ultah yang ke 9 tahun pada bulan Agustus. Disaat akhir acara, MC juga memberikan bocoran dikit bahwa #QwordsAnniversary 9 tahun akan membuka kantor di Yogyakarta. Rencananya kantor @Qwordsdotcom Jogja ada di Jl. Perumnas No 89/299 Seturan Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta. Lihat peta kantor Qwords.com Yogyakarta di sini.

Qwords.com web hosting indonesia ini semakin profesional aja dengan membuka kantor baru di Yogyakarta. Selayak portofolio web hosting yang terbukti handal dan openingnya kantor baru Qwords.com di Jogja, @Qwordsdotcom semakin istimewa dan berhosting nyaman. Dengan @Qwordsdotcom membuka kantor di Jogja, setidaknya menjadi semakin dekat dengan start up dan blogger di jogja.

Selain buka kantor di Jogja, mbak MC juga memberikan info bahwa dalam ultah ke 9 tahun, @Qwordsdotcom juga menambah layanan chat support online langsung pada website qwords.com. Dengan layanan ini, client bisa langsung melakukan chat dengan technical support selama 24 jam 7 hari tanpa harus ada aplikasi tambahan (misal: Yahoo Messager, dll).

Penutupan acara kopdar #QwordsRoadshow2014 Jogja ini, di tutup dengan foto bareng semua peserta yang hadir.


Akhir kata, Happy Anniversary Qwords.com ke 9. Semoga tetap menjadi Reliable Fast Hosting With Reasonable Price. Qwords semakin istimewa dan berhosting nyaman.


Ini cerita kopdar #QwordsRoadshow Jogja 2014 ku, kalo cerita kopdar mu gimana den ?

5 comments:

  1. Selamat om Apri,

    semoga hadiahnya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. makasih om, ente mbikin inspirasi bagi ane

    ReplyDelete
  3. maksimalll om apri :D
    entuk Gtab.. koneksi kudu kenceng loh.. ojo sambat ra duwe koneksi meneh :D

    ReplyDelete
  4. sepertinya seru dan menambah ilmu bermanfaat ya. Pengen ikutan kalau ada lagi

    ReplyDelete
  5. Waktu itu saya absen, Mas Apri, lagi ga enak badan sih :(

    ReplyDelete