Sunday, 21 September 2014

Kuliner Manis Legit Malon BBQ Cupuwatu Resto Jogja

#CupuwatuResto #KulinerJogja #MalonBBQ

Menu Malon BBQ Cupuwatu Resto
Hari minggu itu paling enak buat acara bersama keluarga atau teman pergi kulineran nongkrong bareng. Berburu tempat kuliner khas Yogyakarta. Cari menu kuliner yang unik. Rencananya Minggu siang ini mau kumpul bareng teman ngobrol ngalor-ngidul bareng teman-teman KBJ sambil kuliner di Cupuwatu Resto Jogja.

Janjian kumpul disana jam 11 siang ini, tapi saya agak telat. Hari Minggu padat acara. Selain biasanya ada kegiatan kumpul bareng keluarga, hari ini juga ada acara KBJ. Jadi ya harus bagi waktu, telat dikit 30 menit tidak mengapa kok.

Nama Cupuwatu Resto Jogja memang sudah tidak asing lagi di telinga. Ini merupakan salah satu restoran di Jogja. Menurut info yang saya dapat, resto ini memang unik. Bisa dikatakan ini tempat kuliner khas Yogyakarta. Tapi saya belum pernah kuliner disana sebelumnya. Alamat dan denah lokasi Cupuwatu Resto saja belum tahu.

Walaupun sudah di sms teman alamat Cupuwatu Resto Jogja, namun saya tetap belum tahu persis lokasi. Untungnya, saat saya search di google "alamat Cupuwatu Resto". Melalui google, saya mendapatkan alamat denah lokasi Cupuwatu Resto dari google maps.

Cupuwatu Resto berlokasi di Jalan Solo Km 11,8 Kalasan Yogyakarta. Setelah tahu peta lokasinya, segeralah saya menuju kesana. Ternyata nemuin lokasi Cupuwatu Resto itu gampang, ciri-ciri tempat Cupuwatu Resto adalah di depan restonya ada baliho besar warna merah dan ada patung kuda dari kayu lengkap dengan andong.



Kalau di lihat, tempat Cupuwatu Resto itu strategis lho. Bisa sebagai tempat rujukan kuliner khas Jogja. Bagi teman-teman yang lagi berwisata didaerah Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sambisari dan Candi Ratu Boko bisa juga langsung mampir ke Cupuwatu. Tempatnya dekat dengan tempat wisata tersebut. Tidak butuh waktu lama menuju kesana. Tempat ini juga dekat dengan Bandara Adisucipto. Bila teman-teman datang ke Jogja naik pesawat, jangan lupa mampir kesini. Cuma butuh perjalanan 10 menit dari Bandara untuk menuju restoran di Yogyakarta ini.




Saat masuk lokasi Cupuwatu Resto, mulai terasa suasana restoran bernuansa Jawa Modern. Tempatnya nyaman. Interior dan waiters-nya bikin nyaman. Cupuwatu Resto dengan kuliner khas andalannya, Manuk Londo (Malon). Dan teman-teman KBJ sudah pada nunggu untuk ngobrol-ngobrol di Cupuwatu Resto.

Bagi saya, tempat ini rekomended di saat kulineran di Jogja. Biasanya, bila saat weekend tiba, parkiran tempat kuliner Jogja sangat penuh. Kadang mau makan aja sulit untuk nyari tempat parkirnya. Bila di Cupuwatu Resto, jangan khawatir tidak kebagian tempat parkir di saat weekend. Parkirannya luas dan tempat makan yang luas representatif.

Yang istimewa dari Cupuwatu Resto Jogja, itu adalah menu Malon-nya. Malon itu sejenis unggas yang berasal dari Perancis. Nama ilmiah Malon itu Franch Quail. Dari brosur yang saya dapat disana, Malon itu unggas burung yang fisiknya lebih besar dari burung dara. Jadi menu unik. Disini, pengalaman pertama kali makan Malon alias Manuk Londo.

Kalo soal kehalalan, Malon ini sudah bersertifikat HALAL. Tuh buktinya ada logo HALAL-nya. Dari proses pengembangbiakan hingga proses pemotongan dan pengolahan dilakukan secara profesional.

Setelah bertanya ini itu tentang Malon, saya memutuskan memesan menu Malon BBQ Cupuwatu Resto. Katanya ini menu favorit di sini. Menu Malon Cuma ada di Cupuwatu Resto Jogja. Pilihan lidah saya jatuh hati ke Malon BBQ ditambah Es Teller  Cupuwatu.

Disini, pilihan tempat duduk pun banyak. Jangan khawatir tidak kebagian tempat duduk. So, sambil nongkrong ngobrol-ngobrol bersama teman berbanyak bisa dilakukan disini. Kalau dilihat sepintas, disini cocok juga untuk acara keluarga lho. Selain itu, disini saya bisa mengakses internet dengan memanfaatkan fasilitas WiFi yang ada. Lengkap rasanya, ngobrol tentang blogging bersama teman KBJ serasa nyaman disini.

Menu Malon BBQ Cupuwatu dan Es Teler Cupuwatu memang makyus. Rasa bumbu saos Malon BBQ yang manis dan sepertinya memakai campuran madu. Menggoda lidah untuk menghabiskan bumbu saos tanpa sisa. Saosnya serasa berat manis.

Rasa bumbu Malon BBQ pun merasuk sampai ke dalam tulang. Nyesep-nyesep sampai bagian tulang. Semakin di sesep, semakin nikmat. Sedangkan gigitan tekstur daging lebih soft daripada burung dara. Kalo seandainya Pak Bondan Winarno yang hobi wisata kuliner itu nyicipi Malon BBQ ini, Dia pasti akan bilang maknyus.

Niatnya tadi tuh pilih menu ini cuma ingin mencicipi saja, tapi begitu tahu rasanya malah langsung ketagihan sikat habis. Saking terasa maknyus, saya tidak sabaran bila makan makai sendok. Makannya pakai tangan, biar mantap. Saran saya, kalau pilih Menu Malon BBQ, mintalah tambahan sambal, biar jadi maknyus plus plus (saran bagi yang suka pedas). Jadi manis pedas.

Kuliner Siang Jogja
Habis makan yang berat, kini saatnya mencicipi menu yang ringan. Gantian mencicipi dessert menunya. Perasaan lidah yang masih berat dengan rasa Malon BBQ, kini digelontor dengan se-cup minuman Es Teler Cupuwatu ini serasa ringan dilidah tapi penuh rasa. Es Teler Cupuwatu yang banyak rasa. Lidah terasa nano-nano.

Yang nambah nyaman lagi, nongkrong makan di Cupuwatu Resto, bisa sekalian menikmati live music. Kebetulan pas saya kesini ada live music. Jadi serasa suasana nyaman makan dirumah.

Saya rasa dirimu pun perlu nyicipi tekstur lezatnya Malon. Cupuwatu Resto ini layak untuk disambangi. Hayooo, siapa mau makan siang di sini. Saya mau lho di ajak ke Cupuwatu Resto sama dirimu. Saya ketagihan makan Malon.
Location: Cupuwatu Resto Jalan Yogyakarta-Solo, Kalasan, Sleman 55571, Indonesia

7 comments:

  1. keren om,,
    MALON emang oke jos rasanya,,
    maksimal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya rekomend lah,, tapi ane masih pengin nyari makan Malon Tongseng

      Delete
  2. Kalau mau kesana lagi ajakin aku ya mas :)

    ReplyDelete
  3. Saya suka dengan kuliner seperti itu :)
    Oh ya, saya mau kasih info aja. Barang kali ada yang membutuhkan Kemasan Makanan berkualitas Food Grade. Bisa hubungi kami Greenpack.

    ReplyDelete
  4. Wah, enak ya, sebelum kaliber di tempat tersebut andalannya apa aja sih mas?

    ReplyDelete