Tuesday, 18 August 2015

Hitam Ceria, Lomba Panjat Pisang di Bandung

#RI70 #Merdeka #17Agustus

Lomba Panjat Pisang diBandung | Tak terasa Indonesia sudah 70 tahun merdeka. Rasanya negara sudah tua, sementara saya belum memberikan hal yang berarti bagi negara.

Sudah menjadi tradisi umum, setiap 17 Agustus memang banyak kegiatan. Dari anak-anak sampai para lansia pun sibuk dengan acara kemerdekaan. Seolah ini jadi ajang eksebisi setiap warganya.


Termasuk kegiatan panjat pisang yang yang saya temui disini. Peserta lomba rela untuk kotor terkena oli atau grease demi sebuah balon isi hadiah di ujung pohon pisang.

Kebetulan ini pertama kali saya lihat lomba panjat pisang. Maklumlah, saya orang yang kurang jalan-jalan. Sepintas, panjat pisang ini lebih susah dari pajat pinang yang dulu pernah saya alami.


Warga RW16 Antapani Kidul Bandung ini menggelar lomba panjat pisang. Pesertanya anak-anak. Lucu polos ceria muncul disana. Seolah, licinnya panjat pisang ini menjadi penyemangat mengisi kemerdekaan.

Bagi saya, panjat pisang ini menarik, semenarik salah satu panitianya yang rada bening juga. Kayak ada semacam kembang kampung yang muncul kepermukaan.  Maaf neh, kalau foto panitianya tidak saya munculkan dalam tulisan ini.


Acara peringatan kemerdekaan RI di RW16 Antapani kidul ini cukup padat. Dari pagi sampai sore jam 5 penuh dengan perlombaan sedangkan di malam hari ada pawai kemerdekaan keliling lingkungan sekitar.

Ini suasana RW jadi pecah meriah ramai. Dan di RT04 RW16, malam harinya semakin ramai dengan adanya pertunjukan kesenian khas Sunda. Keramaian disini serasa sepadan dengan jargon “Bandung Juara”.

0 comments:

Post a Comment